Cara Melihat Dan Mencetak Data Nomor Induk Siswa Nasional Atau NISN Secara Online

Anda mencari cara melihat dan mencetak data nomor induk siswa nasional atau NISN secara online? Kali ini Kerajaan Tutorial akan membagikan caranya.


Cara mencetak kartu NISN
Cara mencetak kartu NISN secara online

Cara melihat dan mencetak data nomor induk siswa nasional atau NISN secara online.


Apa itu NISN?

NISN adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri. Setiap peserta didik dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud akan diberikan NISN.


Tujuan dan Manfaat NISN

  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Anda bisa melihat dan mencetak kartu NISN melalui situs verval PD, namun anda harus memiliki username dan password yang terdaftar di Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud. Bagaimana jika kita tidak memiliki username dan password untuk cek NISN? Tenang, kali ini Kerajaan Tutorial akan membagikan cara Cetak kartu NISN secara online berdasarkan nama tanpa menggunakan username dan password.


Cara mencetak data nomor induk siswa nasional atau NISN secara online.

  • Buka browser (Chrome, Mozilla, Opera, dll).
          Buka browser pada komputer, laptop, atau HP anda.

  • Masuk ke situs pencarian NISN.
    Pada address bar ketikkan
    https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/formcaribynama (gambar 1)

  • Mengisi data pelajar
    Isikan nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu kandung sesuai dengan data pada akte kelahiran. Kemudian isikan kode captcha sesuai dengan gambar yang muncul. Lalu tekan tombol cari data (gambar 2).
    Apabila data yang dimasukkan sudah benar, maka di sebelah kanan akan muncul pencarian NISN berdasarkan nama (gambar 3).
    Cara mencetak kartu NISN
    Halaman pencarian NISN berdasarkan nama
  • Mencetak kartu NISN
    Untuk mencetak kartu, tekan tombol "Ctrl + P" secara bersama-sama pada keyboard untuk memunculkan
     menu print. Pada opsi tujuan (gambar 4), Anda bisa memilih printer (gambar 5) yang Anda gunakan untuk mencetak kartu NISN, atau Anda juga bisa menyimpan dalam bentuk PDF (gambar 6) untuk kemudian dicetak di lain waktu.
    Cara mencetak kartu NISN
    Tampilan menu print

Referensi dan sumber:

Demikianlah cara melihat dan mencetak data nomor induk siswa nasional atau NISN secara online. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

0 Response to "Cara Melihat Dan Mencetak Data Nomor Induk Siswa Nasional Atau NISN Secara Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel